Sabtu, 13 Oktober 2012

Manfaat Sedekah dalam Islam

Manfaat Sedekah dalam Islam

Sedekah adalah salah satu amalan yang dilakukan seseorang dengan cara memberi sesuatu kepada orang lain sehingga si penerima merasa bahagia.
Di dalam Islam, sedekah bisa dalam berbagai bentuk. Mulai dari uang, barang, bahkan senyuman pun merupakan suatu amalan sedekah.
Sedekah tak hanya soal memberi, amalan yang satu ini ternyata memiliki beragam manfaat yang harus Anda ketahui. Manfaat sedekah pun tak hanya bisa dirasakan oleh penerima atau orang yang kita beri sedekah, namun manfaat sedekah tersebut bisa langsung kita rasakan.
Manfaat Sedekah
Menyisihkan sebagian harta kita dan memberikannya pada orang lain, tentu akan membuat orang lain senang. Kita pun ikut meringankan beban mereka yang mungkin sedang kesusahan. Lalu apakah manfaat sedekah hanya sebatas itu? Hanya untuk meringankan dan menyenangkan orang lain?
Ternyata jawabannya tidak. Sebenarnya, malah diri kita sendirilah yang akan menerima beragam manfaat bila kita melakukan amalan sedekah. Mungkin Anda akan bingung, karena saat bersedekah, Anda tentu harus mengeluarkan harta/uang. Lalu di mana letak manfaatnya?
Berikut ini adalah beberapa manfaat sedekah yang bisa membuka mata Anda bahwa sedekah itu adalah amalan yang sangat baik.
  • Dengan bersedekah, kita tak hanya akan mendapat pahal dari Allah SWT, tapi juga bisa meredam/mengurangi dosa yang telah lalu. Menurut H.R At-Tirmidzi: Rasulullah bersabda “Sedekah menghapus dosa, seperti air memadamkan api.”
  • Amalan sedekah bisa menghindarkan Anda dari kematian yang su’ul khatimah (buruk/kematian tidak beriman). Banyak hadits yang berkata: “Sesungguhkan sedekah itu akan memadamkan amarah Allah dan menghindarkan diri dari kematian yang buruk.”
  • Menurut beberapa hadits, memulai hari dengan bersedekah akan mampu menghindarkan Anda dari kejadian buruk. Jadi bisa dikatakan bahwa sedekah adalah penolak bencana/bala. Hal ini juga karena ketika Anda bersedekah, Allah akan menjaga Anda sepanjang hari.
  • Sedekah mampu menyucikan jiwa dan harta Anda. Hati Anda pun akan terasa selalu damai, bersih dan tentu terhindar dari perasaan negatif. Selain itu, harta yang Anda miliki akan lebih diberkahi oleh Allah.
  • Sedekah bisa membuat Anda berumur panjang karena Allah akan memundurkan waktu kematian Anda. Allah SWT pernah mengatakan pada Rasulullah, bahwa sedekah memang akan memanjangkan umur dan bisa menunda kematian.
  • Manfaat amalan sedekah yang lain adalah mampu melipat gandakan harta. Ini sesuai dengan janji Allah dalam Q.S Al-An’am (160) yang artinya berbunyi:
“Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).”
Juga dari Q.S Saba’ (39) : “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya.”

Matematika Sedekah
Matematika sedekah menurut Ustadz Yusuf Mansyur: Allah telah berjanji akan mengganti uang yang Anda sedekahkan. Tak hanya mengganti, Allah bahkan menggantinya sebanyak 10 kali lipat.
Menurut Ustadz Yusuf Mansyur, matematika sedekah sebagai berikut:
Andaikan Anda memiliki harta sebanyak 10, lalu Anda menyedekahkan 1 harta, maka sisa harta Anda adalah 9.
10-1 = 9
Namun, yang terjadi adalah:
10-1=19
Anda mungkin akan bingung, darimana angka 19 itu berasal? Itu adalah hasil dari penggandaan harta yang dilakukan Allah untuk Anda.
1 harta yang Anda sedekahkan, akan diganti sebanyak 10 kali lipat : 1x10=10
Bila ditambah dengan sisa harta, maka : 10+9 = 19
Hal ini juga berlaku bila Anda menyedekahkan harta Anda dalam jumlah tertentu, misal:
Anda bersedekah sebanyak 2, maka:
10-2 = 8
Sisa ini masih ditambah dengan penggandaan dari Allah sebesar : 2 x 10= 20.
Maka harta Anda keseluruhan adalah 28.
Bagaimana bila Anda menyedekahkan seluruh harta Anda? Lihat saja perhitungan di bawah ini:
10-10 = 0
Penggandaan dari Allah : 10 x 10 = 100
Maka harta Anda yang semula hanya 10, jumlahnya bisa berlipat-lipat menjadi 100!
Itulah rahasia sedekah yang mungkin tak banyak orang tahu. Kita hanya menyisihkan harta, tapi manfaatnya begitu banyak. Mulai dari menyenangkan orang, memperpanjang umur, menolak bala, bahkan kita bisa menjadi lebih kaya.
Anda mungkin tidak percaya, tapi sudah sangat banyak orang yang mengalami sendiri manfaat sedekah yang ternyata begitu dahsyat. Anda juga ingin seperti mereka? Bersedekahlah semampu Anda, maka Allah pasti akan menggantinya berkali-kali lipat tanpa Anda duga.



0 komentar:

Posting Komentar