Sabtu, 20 Oktober 2012

Berbagai Kelemahan BlackBerry

Berbagai Kelemahan BlackBerry

Tak dapat dipungkiri Blacberry di Indonesia mendapat tempat tersendiri. Meski pada mulanya ponsel ini ditujukan untuk pelanggan dari kalangan bisnis, namun pada perkembangannya Blackberry seperti menjadi symbol bagi masyarakat menengah ke atas. Namun demikian di balik trend itu Blackberry memiliki sejumlah kelemahan. Berikut adalah beberapa kelemahan Blackberry:

Fitur terbatas. Dibandingkan dengan kompetitornya seperti Android, Symbian atau Windows Phone fitur yang tersedia dalam Blackberry memang sangat terbatas. Pada umumnya prosesor Blackberry masih menggunakan frekuensi 1 GHz dan untuk mendapatkan Blackberry dengan fitur yang paling canggihpun, masyarakat harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan smartphone lain yang berfitur seimbang.

Development masih minim. Pada setiap peluncuran Blackberry seri terbaru umumnya hampir tidak ada inovasi baru yang ditawarkan oleh RIM. Paling hanya pada perbedaan casing yang tidak signifikan, versi OS atau pada fungsi navigasi kamera dan sejenisnya.

Model terbatas. Kecuali beberapa seri yang menggunakan touchscreen memang kebanyakan Blackberry memiliki desain yang khas, untuk tidak mengatakan monoton: yaitu menggunakan keypad qwerty. Padahal smartphone lain berlomba-lomba membuat desain dan interface yang lebih menarik jika dibandingkan dengan Blackberry.

Blackberry service yang masih mahal. Untuk dapat menikmati layanan paket Blackberry Internet Service secara unlimited, saat ini pelanggan masih harus mengeluarkan biaya yang relative lebih mahal jika dibandingkan dengan paket internet pada smartphone lain. Belum lagi jika pelanggan menggunakan layanan streaming dan modem maka masih dikenakan biaya tambahan yang akan membuat biaya lebih membengkak.
Minimnya aplikasi gratisan. Tidak seperti pada smartphone yang bekerja dengan Android yang menyediakan ratusan bahkan ribuan aplikasi menarik yang dapat diunduh secara gratis di Market, hal itu tidak tersedia pada pengguna Blackberry. Hingga saat ini tidak banyak pengembang yang menawarkan aplikasi gratisan di Blackberry. Kalaupun ada maka aplikasi tersebut harus diunduh dengan membayar atau aplikasi yang bersifat terbatas.

(ref: NewsPhonsel/ill: mobiletopsoft.com)