Kamis, 25 April 2013

10 Trik Memotret Makanan Lebih Menggiurkan

Hai semua :) posting lagi nih, sekarang posting tentang materi yang baru dari guru ku nih. Minggu depan aku dan kelompok ku di suruh buat photography food. Bingung ya awalnya kudu gimmana nih aku dapet tips-tipsnya dari google dan aku share di blog aku , semoga bermanfaat untuk yan baca ya :) 

SELAIN menyenangkan, fotografer makanan merupakan profesi yang penuh tantangan. Sebab, tidak mudah untuk membuat makanan terlihat memikat selera saat dijepret kamera.

Jika tertarik menggeluti profesi ini, tidak ada salahnya mengintip 10 tip menjadikan makanan yang Anda jepret terlihat lebih lezat dan memanjakan mata, seperti diulas Photoble.
1. Pilih latar belakang kontras
Pastikan warna makanan dan latar belakang terlihat kontras. Sebagai contoh, jangan letakkan stroberi di atas mangkuk berwarna merah yang menjadikan warna stroberi tidak terlihat. Untuk aman, pilih latar belakang berwarna putih polos.


2. Atur white balance
Atur white balance pada kamera ketika Anda siap menjepret makanan. Daging, seharusnya difoto dalam suasana yang hangat. Sebaliknya, daging akan tampak pucat jika Anda menggunakan lampu pendar kebiruan.


3. Pencahayaan alami
Pertimbangkan untuk mengambil gambar menu tidak jauh dari jendela, saat pemotretan tengah hari. Pencahayaan alami selalu berhasil membuat makanan tampak memikat.


4. Tripod
Kebanyakan pemotretan makanan dilakukan di dalam ruangan, yang kita tahu pencahayaannya semakin minim. Untuk mencegah kamera berpindah posisi atau goyang, gunakanlah tripod.


5. Detail kecil
Jangan menyepelekan detail kecil. Pastikan Anda menggunakan taplak atau alas makan yang bersih agar foto terlihat sempurna.


6. Memotret dari dekat
Ketimbang melulu mengambil gambar makanan dari atas piring, mengapa tidak mencoba mengambil gambar makanan dari dekat? Dari dekat, Anda dapat memperlihatkan tekstur dan detail makanan secara lebih baik, menjadikannya lebih menggiurkan.


7. Potong, potong, dan potong
Dengan makanan, Anda dapat melakukan apa saja agar foto terlihat lebih bagus. Jangan lupa untuk memotong bagian tengah kue untuk memperlihatkan isi dalam kue di setiap lapisannya.


8. Dari segala sudut pandang
Pertimbangkan untuk mengambil foto dari berbagai sudut pandang; atas, samping, ataupun bawah. Komposisi yang berbeda-beda memberikan Anda pilihan foto yang terbaik.


9. Properti
Jangan pernah takut untuk mengisi kekosongan gambar dengan properti yang Anda miliki. Dalam foto pancake, tidak ada salahnya menambahkan 1 gelas jus jeruk dengan hiasan di atasnya. Atau, butiran meses di sekitar foto pancake. Pastikan properti tidak berlebihan dan terkesan mengganggu.


10. Tipuan kamera
Jika perlu, lakukan tipuan kamera pada makanan yang akan Anda foto. Gunakan minyak sayur untuk membuat makanan tampak basah, atau jika ingin membuat efek telur matang dengan asap hangat yang keluar dari potongan telur, masukkan kapas yang telah dibasahi ke dalam microwave lalu foto bersama telur. Atau bikin es krim tampak menggiurkan dari kentang tumbuk.


sumber : http://www.okefood.com/

0 komentar:

Poskan Komentar